Minggu, 17 Juni 2012

Sepak Bola


Sepak Bola adalah sebuah permainan olahraga yang paling dikenal di seluruh dunia. Olah raga ini dimainkan oleh dua tim yang berlawanan, masing-masing tim terdiri dari 11 pemain (tidak termasuk pemain cadangan) dan satu dari 11 pemain tersebut harus ada yang menjadi penjaga gawang. Untuk memenangkan permainan ini, pemain harus memasukkan bola ke dalam gawang tim lawan untuk mendapatkan nilai. Tim yang mendapatkan nilai terbanyak di akhir permainanlah yang menang.
Penjaga gawang hanya satu-satunya pemain yang dapat bermain menggunakan tangannya untuk menyentuh bola, namun penjaga gawang hanya boleh melakukannya di area penalti yang terletak di depan gawangnya sendiri. Beberapa pemain dapat digantikan oleh pemain cadangan pada waktu-waktu tertentu saat permainan berlangsung. Dalam kompetisi, biasanya sepak bola memiliki persyaratan jumlah peserta yang bermain di lapangan setidaknya ada 7 orang.
Pertandingan sepak bola di diselenggarakan di berbagai negara di bawah berbagai macam asosiasi sepak bola, antara lain :
  • Asia: Asian Football Confederation (AFC)
  • Africa: Confederation of African Football (CAF)
  • Europe: Union of European Football Associations (UEFA)
  • North/Central America & Caribbean: Confederation of North, Central American and Caribbean Association Football (CONCACAF)
  • Oceania: Oceania Football Confederation (OFC)
  • South America: Confederación Sudamericana de Fútbol/Confederação Sul-americana de Futebol (South American Football Confederation; CONMEBOL)