Minggu, 17 Juni 2012

AKUPUNTUR


Akupuntur adalah metode pengobatan alternatif yang berasal dari China kuno yang merawat pasien dengan cara memasukkan jarum kepada titik-titik akupuntur di kulit pasien. Menurut pengobatan tradisional China, menstimulasi titik-titik ini dapat memperbaiki ketidak seimbangan arus Qi yang mengalir di jalur meridian. Akan tetapi, penelitian ilmiah belum berhasil menemukan korelasi sejarah atau fisiologi mengenai Qi.
Teori umum akupuntur menjelaskan bahwa bagian tubuh yang memiliki fungsi, dilalui oleh energi yang disebut dengan Qi yang mengalir di seluruh tubuh. Gangguan terhadap arus Qi inilah yang diyakini dapat menyebabkan penyakit. Akupuntur memiliki berbagai macam prosedur dengan tujuan untuk memperbaiki arus Qi dengan stimulasi beberaba daerah anatomi tubuh / titik akupuntur yang berada di bawah kulit dengan berbagai macam tekhnik. Umumnya, mekanisme akupuntur menggunakan jarum tipis yang terbuat dari logam yang dimanipulasi secara manual maupun elektrik.
Catatan tertulis yang paling tua mengenai akupuntur ditemukan di Huangdi Neijing. Namun catatan tersebut tidak membedakan antara akupuntur dengan moksibusi dan memberikan indikasi yang sama untuk kedua jenis perawatan tersebut. Akan tetapi, pada akhirnya akupuntur menggantikan moksibusi sebagai terapi pengobatan yang lebih utama dikarenakan tatanan praktiknya yang lebih sistematis.