Minggu, 17 Juni 2012

Ibnu Sinā


Abū ‘Alī al-usayn ibn ‘Abd Allāh ibn Sīnā lahir tahun 980 di Afshana dekat Bukhara dan meninggal pada tahun 1037 di Hamadan di Iran. Dikenal dengan nama Ibnu Sīnā dengan nama latin Avicenna. Dia adalah seorang Polymath yag menulis hampir 450 karya tulis dengan subjek pembahasan yang luas. Hanya 240 karya tulisnya yang tersisa, 150 dari yang tersisa merupakan karyanya yang berfokus pada bidang filosofi dan 40 tulisan lainnya mengenai obat-obatan.
Karya tulisnya yang paling terkenal adalah The Book Of Healing, sebuah ensiklopedi ilmiah yang filosofis dan The Canon Of Medicine yang dulu digunakan sebagai referensi umum di berbagai universitas pada masa pertengahan seperti universitas Montpellier dan Leuven pada tahun 1650 karena The Canon Of Medicine menyediakan sistem obat menurut disiplin ilmu dari Galen dan Hippocrates yang lengkap.

Karya tulisnya meliputi bidang filosofi, Astronomi, Kimia, Geologi, Psikologi, Theologi Islam, logika, Matematika, Fisika dan Puisi. Dia dinobatkan sebagai seorang Polymath yang paling terkenal dan berpengaruh besar dalam masa kejayaan Islam.