Minggu, 17 Juni 2012

Bruce Lee


Bruce Lee lahir pada tanggal 27 November 1940 di Chinese Hospital di Chinatown, San Francisco. Berdasarkan Kalender Cina Lee lahir diantara tahun naga yang menurut tradisi kebudayaan dipercayai merupakan symbol kekuatan dan pertanda nasib. Ayahnya Lee Hoi-chuen merupakan orang keturunan Cina secara keseluruhan sementara ibunya Grace Ho merupakan keturunan Cina dan Kaukasia yang merupakan putri dari Ho Kom tong dan keponakan Sir Robert Ho-tung, keduanya merupakan orang yang terhormat di Hong Kong. Lee merupakan anak keempat dari lima bersaudara.

Seni bela diri yang dipelajari oleh Lee sangat dipengaruhi oleh seni bela diri Wing Chun yang dipelajari semenjak usia 13 tahun dibawah bimbingan gurunya Yip Man (Ip Man) pada tahun 1954.

Program latihan dalam perguruan Yip Man meliputi latihan Jurus, chi sao (sticking Hands) drills , mok yan jong (orang-orangan kayu) dan sparring bebas.

Dalam kehidupannya Lee dikenal sebagai actor film laga, instruktur bela diri, filsuf, sutradara film, produser film, penulis naskah dan pendiri Jeet Kune Do