Minggu, 17 Juni 2012

Al-Kindi


Abu Yusuf Ya’qūb ibn Isāq al-Sabbah al-Kindī dengan nama latin Alkindus lahir tahun 801 CE di Kufa dan meninggal pada tahun 873 CE dan dikenal sebagai “Filsuf Arab”. Al-Kindi bergerak dalam bidang filosofi, Matematika, Fisika dan musik. Ia merupakan filsuf pertama yang berpindah-pindah tempat dan diangkat sebagai “Bapak filosofi Islam / Arab” karena sintesis, adaptasi dan pengenalan dunia Islam yang dilakukannya terhadap Yunani dan filosofi Hellenistic.  Ayahnya adalah gubernur di Kufa.
Dalam bidang Matematika, Al-Kindi berperan penting dalam memperkenalkan angka-angka India kepada dunia Islam dan Kristiani. Dia merupakan penggerak dalam bidang cryptanalysis dan menemukan beberapa metode untuk memecahkan cara menerjemahkan kode. Dengan menggunakan kemampuan medis dan Matematika yang dimilikinya, ia berhasil membuat suatu skala yang membuat para dokter dapat menghitung potensi yang dimiliki oleh obat-obatan mereka.
Ia juga membuat ratusan karya tulis original mulai dari yang membahas metafisika, etika, logika, psikologi, obat-obatan, Farmasi, Matematika, Astronomi, Astrologi dan Optik. Karya tulisnya juga meluas kepada topik-topik aplikatif seperti mengenai parfum, pedang, permata, kaca, cat, Zoologi, gelombang, cermin, Meteorologi dan gempa Bumi.